NEWS UPDATE :

PANDANGAN UMUM FPKS TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD KOTA PALU TAHUN 2011

20/06/12


PANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

TERHADAP  NOTA PENGANTAR WALIKOTA PALU ATAS
RANCANGAN PERATURAN DERAH KOTA PALU TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN
ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DAERAH KOTA PALU TAHUN ANGGARAN 2011

YANG KAMI HORMATI:
SAUDARA WALIKOTA PALU,
PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KOTA PALU,
PARA PEJABAT DI JAJARAN PEMERINTAH KOTA PALU,
REKAN-REKAN PERS DARI MEDIA CETAK DAN MEDIA ELEKTRONIK
PARA UNDANDAN DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
ALHAMDULILLAH, ATAS BERKAT RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA, PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, KITA DAPAT MELAKSANAKAN RAPAT PARIPURNA DALAM RANGKA MENDENGARKAN PANDANGAN UMUM FRAKSI ATAS NOTA PENGANTAR WALIKOTA TENTANG EMPAT  BUAH RANPERDA KOTA PALU.  SHALAWAT DAN TASLIM SEMOGA TETAP TERCURAHKAN KEPADA, SURI TAULADAN YANG BAIK, RASULULLAH MUHAMMAD SAW, TAK LUPA DISAMPAIKAN JUGA KEPADA KELUARGANYA, SAHABATNYA, SERTA UMMAT YANG TETAP MENGIKUTI SUNNAH DAN AJARANNYA, AMIN.    
 

RAPAT PARIPURNA DEWAN DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI
SEBAGAIMANA DIAMANATKAN DALAM UU 32 TAHUN 2004, KEPALA DAERAH  MENYAMPAIKAN PERTANGGUNGJAWABAN APBD  KEPADA DPRD  SETIAP AKHIR TAHUN ANGGARAN. LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN TAHUN ANGGARAN MERUPAKAN PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD (ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH) DALAM BENTUK PERHITUNGAN APBD BERIKUT PENILAIAN KINERJA BERDASARKAN TOLOK UKUR RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) YANG TELAH DITETAPKAN.

LAPORAN  KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN PADA TAHUN ANGGARAN  2011 INI DIMAKSUDKAN SEBAGAI WUJUD LAPORAN PELAKSANAAN TUGAS (PROGRESS REPORT) DAN MERUPAKAN SARANA  PENILAIAN DAN PERBAIKAN KINERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAH KOTA PALU SELAMA SATU TAHUN ANGGARAN. TUJUAN UTAMANYA ADALAH AGAR DAPAT DIKETAHUI HASIL PELAKSANAAN APBD SERTA MEMENUHI PRINSIP EFISIENSI, EFEKTIVITAS, PRODUKTIFITAS DAN AKUNTABILITAS PENYELENGGARAAN PEMBANGUNAN DAERAH.

DALAM PENYAMPAIAN LAPORAN  KETERANGAN PERTANGGUNG-JAWABAN   TAHUN   ANGGARAN 2011,  DOKUMEN LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN TAHUN 2011  TERDIRI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH YANG MERUPAKAN SATU PAKET DENGAN KESATUAN MATERI YANG TIDAK TERPISAHKAN  MELIPUTI :

1.    LAPORAN REALISASI ANGGARAN
BERISI TENTANG INFORMASI MENGENAI KEMAMPUAN MEREALISASIKAN  PENDAPATAN, MELAKSANAKAN KEGIATAN BERDASARKAN ANGGARAN BELANJA YANG DITETAPKAN DAN SUMBER-SUMBER PEMBIAYAAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGALOKASIKAN SURPLUS ATAU MENUTUP DEFISIT ANGGARAN.

2.    NERACA
BERISI INFORMASI MENGENAI POSISI KEUANGAN DAERAH KEADAAN AKTIVA, HUTANG DAN EFEKTIFITAS YANG DIMILIKI PEMERINTAH DAERAH SAMPAI DENGAN  AKHIR TAHUN  2011.
 3.    LAPORAN ARUS KAS
BERISI INFORMASI MENGENAI KEMAMPUAN DALAM MEMPEROLEH KAS DAN MENILAI PENGGUNAAN KAS UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN DAERAH DALAM SATU PERIODE AKUNTANSI.
4.    CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN
BERISI TENTANG EVALUASI KINERJA KEUANGAN DAERAH SERTA INFORMASI SECARA TERINCI TENTANG PELAKSANAAN DAN EVALUASI KINERJA KEGIATAN APBD TA 2011.

RAPAT PARIPURNA DEWAN DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI
SEBAGAIMANA TELAH DIJELASKAN DALAM LAPORAN PERHITUNGAN APBD REALISASI  ANGGARAN 2011 BERDASARKAN HASIL AUDIT  BPK BAHWA GAMBARAN UMUM APBD 2011 ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
A.           REALISASI PENDAPATAN SEBESAR RP 719.387.267.865,84-
B.           REALISASI  ANGGARAN BELANJA DAERAH SEBESAR  RP. 695.954.588.231,50-
C.           REALISASI  PENERIMAAN PEMBIAYAAN  DAERAH SEBESAR  RP
20.618.912.251,56-
D.           REALISASI  PENGELUARAN PEMBIAYAAN  DAERAH SEBESAR  RP
6.111.367.640,65-
RAPAT PARIPURNA DEWAN DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI
BERKAITAN DENGAN LAPORAN  KETERANGAN PERTANGGUNG-JAWABAN   TAHUN   ANGGARAN 2011, PERKENANKANLAH KAMI MENYAMPAIAN BEBERAPA HAL SEBAGAI BERIKUT:


A.   PENDAPATAN
PENDAPATAN ASLI DAERAH MENCAPAI 87.348.861.098.84,- ATAU SEKITAR 89, 74 %, YANG TERDIRI ATAS PENERIMAAN PAJAK DAERAH SEBESAR RP 26.707.303.741.00,- ATAU 106 % RETRIBUSI DAERAH 46.250.695.147.13,- ATAU SEKITAR 81%, PENDAPATAN HASIL PENGELOLAAN KEKAYAAN DAERAH YANG DIPISAHKAN  861.501.501.94- ATAU 81% , LAIN LAIN PENDAPATAN DAERAH YANG SAH SEKITAR RP. 4.592.360.708.77,- ATAU SEKITAR RP 112 %. KAMI MENGAPRESIASI  PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN  LAIN LAIN PENDAPATAN DAERAH YANG SAH YANG TELAH MELAMPAUI TARGET YANG DITENTUKAN.  NAMUN KAMI JUGA PERLU MEMINTA PENJELASAN ATAS TIDAK TERCAPAINYA TARGET RETRIBUSI DAERAH YANG HANYA MENCAPAI 81%, HAL INI PERLU MENJADI PERHATIAN MENGINGAT BANYAKNYA POTENSI RETRIBUSI DAERAH YANG BELUM OPTIMAL.   


B.   BELANJA
BELANJA DAERAH MENCAPAI RP. 695.954.588.23.,-  ATAU SEKITAR 91%,  DAPAT DILIHAT BAHWA RATA-RATA SERAPAN ANGGARAN BELANJA DAERAH SUDAH MAKSIMAL, DENGAN ASUMSI TIDAK TERJADI PENYIMPANGAN DALAM PELAKSANAAN ANGGARAN. ARTINYA SERAPAN/REALISASI ANGGARAN SEBESAR 91% SUDAH CUKUP BAGUS. HANYA MEMANG MASIH PERLU RASIONALISASI PERBANDINGAN ANTARA BELANJA LANGSUNG DAN BELANJA TIDAK LANGSUNG SEHINGGA PERBEDAANNYA TIDAK TERLALU JAUH. KAMI MOHON RINCIAN PERBANDINGAN ANTARA BELANJA LANGSUNG DAN BELANJA TIDAK LANGSUNG .

C.   PEMBIAYAAN
DARI HASIL REALISASI PENDAPATAN, BELANJA DAERAH, DAN PEMBIAYAAN TERDAPAT SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN SEBESAR RP. 37.935.224.245,25- JUMLAH SEBESAR INI CUKUP SIGNIFIKAN JIKA DIBANDINGAN DENGAN SILPA  TAHUN LALU YANG HANYA MENCAPAI RP.13.331.761.209.56,-   INI MENGINDIKASIKAN BAHWA MANAGEMEN KAS DAERAH DAN MANAGEMEN PROGRAM/KEGIATAN SKPD MASIH BANYAK YANG PERLU DIPERBAIKI. PERGESERAN YANG TERLALU JAUH INI MENUNJUKKAN TINGKAT AKURASI ANTARA PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI MASIH KURANG BAIK.

  
RAPAT PARIPURNA DEWAN DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI

DEMIKIANLAH PANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DAN DENGAN MENGUCAPKAN BISMILLAHIRRAHANIRRAHIM, KAMI MENERIMA RANPERDA KOTA PALU TENTANG LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNG JAWABAN APBD TAHUN ANGGARAN 2011  UNTUK  DIBAHAS PADA TAHAP SELANJUTNYA.  

MALIUN TINUVU NOSARARA  NOSABATUTU
WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI  WABARAKATUH

PALU, 20 JUNI  2012
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DPRD KOTA PALU
Postingan Terkait Lainnya :


Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright F-PKS DPRD Palu 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...